Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

3 March 2017 - by Studio Papa in PROJECTS N PROFILE

Surabaya, “An Attention Grabbing Building”- Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

Foto: fasad rumah ©pandyapraditya

Foto: siang dan malam ©pandyapraditya

Sebaliknya, secara kontras dari para tetangga, Ahouse didesain secara khusus agar menjadi “minimal” dan “modern”. Kotak-kotak disusun bertumpuk untuk menghasilkan komposisi massa yang dinamis. Desain bangunan yang "baru dan asing" ini diharapkan memberikan energi baru kepada lingkungan sekitar.

Foto: double height ©pandyapraditya

Foto: ruang keluarga ©pandyapraditya

Foto: pencahayaan alami ©pandyapraditya

Pemilik, sepasang suami istri muda, menginginkan sebuah rumah yang dapat mengakomodasi aktivitas komunal. Maka dari itu, area makan dan ruang keluarga pada lantai dasar didesain secara terbuka dengan langit-langit yang tinggi (double height). Hal ini dimaksudkan agar dapat menghadirkan suasana ruang yang nyaman untuk kegiatan komunal tersebut.

Foto: kamar tidur utama ©pandyapraditya

Foto: ruang belajar ©pandyapraditya

Pencahayaan alami juga dimaksimalkan untuk menjaga suasana rumah tetap terang sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah?

Foto: koridor lantai dua ©pandyapraditya

Foto: area dapur ©pandyapraditya

Di lantai dua, letak kamar tidur utama bersebelahan dengan ruang belajar. Tujuannya agar orang tua dapat lebih mudah berinteraksi dengan sang buah hati. Ruang belajar ini memiliki jendela dengan view yang unik: desain disesuaikan untuk ketinggian anak atau orang dewasa yang sedang duduk.

Foto: area tangga ©pandyapraditya

Pada ujung dari setiap area tangga, penghuni rumah dapat melihat ‘sekilas’ view daripada ‘Roh Kudus Church’ yang berada tidak jauh dari lokasi rumah.

Foto: area balkon©pandyapraditya

Foto: area balkon ©pandyapraditya

Kamar tidur anak terletak di lantai tiga. Setiap kamar tidur memiliki balkon privat dengan view yang unik. Pada saat cuaca baik dan cerah, Gunung Arjuno Welirang dapat terlihat dari balkon rumah. Ruang doa terletak di antara dua kamar tidur. Kemudian, terdapat juga area keluarga untuk melakukan aktivitas barbeque dengan view area perumahan sekitar.

Foto: kamar mandi ©pandyapraditya

Sebagai tambahan, terdapat area-area di setiap lantai rumah yang dapat dieksplorasi. Hal ini dengan sengaja didesain agar penghuni rumah, terutama anak-anak, dapat dengan aktif berinteraksi dengan rumah itu sendiri.

Gambar potongan ©studiopapa

Artikel lainnya: Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Gambar denah ©studiopapa

More about the project:

bluprin.com/project/ahouse

 

Projects
Profile
Idea
News