Desain Interior Apartemen Komunikatif, Fleksibel, dan Dinamis

15 August 2016 - by Bluprin in PROJECTS N PROFILE

Desain Interior Apartemen Komunikatif, Fleksibel, dan Dinamis

Setiap desain interior apartemen memang seharusnya didesain sedemikian rupa agar merespon serta mendukung gaya hidup sang pemilik apartemen tersebut. Sama halnya dengan apartemen di kota Bucharest ini, ibukota Rumania, yang menjadikan gaya hidup sang pemilik sebagai elemen dasar perencanaan desain. Lalu, seperti apakah bangunan apartemen yang memiliki luas 120.0 meter persegi ini? Berikut ulasannya.

Mendefinisikan Skema Spasial Baru

desain interior apartemen

©Andrei MÇŽrgulescu

Rancangan interior apartemen ini didasarkan pada gaya hidup keluarga pemilik yang fleksibel, komunikatif dan dinamis. Aspek-aspek ini yang menjadi dasar adanya penerapan unsur skema fungsional dan spasial yang baru, seperti pembukaan dan penyatuan ruang-ruang yang digunakan pada siang hari dan tetap dapat memisahkannya jika diperlukan, serta pemisahan area malam hari, seperti kamar tidur sehingga dapat menawarkan keintiman yang lebih untuk setiap anggota keluarga.

desain interior apartemen mewah

©Andrei MÇŽrgulescu

Penerapan lainnya untuk gaya hidup komunikatif dan dinamis ini juga dicapai dengan menyatukan ruang dapur dan kantor ke ruang keluarga seperti sebuah persimpangan dua volume persegi panjang. Pada penerapan ini sendiri terdapat sebuah ruang makan yang ditempatkan tepat di pusat dari persimpangan tersebut, menjadikannya sebagai "hot spot" dari rumah.

Kombinasi Material Kayu dan Metal

desain interior apartemen minimalis

©Andrei MÇŽrgulescu

Ruang-ruang pada apartemen menyatu dalam sebuah kesan interior yang sama. Hal ini diciptakan dengan pengunaan material kayu, disusun baik secara horizontal maupun vertikal hingga menciptakan fluidity dan kesatuan ruangan, serta sekaligus menghadirkan warna latar yang netral secara menyeluruh.

desain interior apartemen minimalis modern

©Andrei MÇŽrgulescu

Kehadiran elemen logam yang berwarna abu-abu gelap, kontras dan dingin menjadi highlights dari interior. Selain itu, elemen ini membagi beberapa area yang berbeda dan menciptakan titik-titik area yang unik antara lain: lorong pintu masuk, area dapur, pintu kaca dan lampu hitam di atas ruang keluarga.

desain interior apartemen-1

©Andrei MÇŽrgulescu

Walaupun didesain secara unik, area-area fungsional tersebut tetap memiliki identitasnya untuk kebutuhan aktifitas tertentu yg spesifik. Jika diperlukan, sebuah dinding kaca metallic dapat menjadikan ruang kantor sebagai ”kapsul” yang terpisah dari bagian rumah lainnya. “Kapsul” ini sendiri dirancang sebagai ruang multi-fungsi, yang dapat digunakan juga sebagai kamar tidur tamu.

Lemari Kabinet Sebagai Elemen Unik

desain interior apartemen-2

©Andrei MÇŽrgulescu

Komponen penting lainnya yang tak bisa dilewatkan pada interior apartemen adalah lemari kabinet di area Hallway. Lemari ini dilapisi dengan cermin di ketiga sisinya yang membuatnya hampir tak terlihat dan tampak sebagai panel hitam yang sangat tipis menghadap ke ruang keluarga dimana lemari menjadi latar yang kuat dan kontras untuk area ruang makan.

Area Privat Dalam Apartemen

desain interior apartemen-3

©Andrei MÇŽrgulescu

Warna dan pola yang serupa dapat terlihat di ruang foyer di mana dinding panel kayu “menyembunyikan” akses menuju area malam hari: area yang lebih pribadi pada apartemen. Area malam mengikuti warna palet yang sama dari keseluruhan interior dimana hal ini merupakan aspek utama dalam keseluruhan desain dan menawarkan warna latar yang netral untuk penambahan barang-barang pribadi, membuat setiap area privat menjadi lebih personal bagi penggunanya.

 

Sumber Foto: http://www.archdaily.com/

Projects
Profile
Idea
News