Komunikasi Bagian Lama dan Baru: Renovasi Rumah El Cabanal

18 November 2016 - by Bluprin in PROJECTS N PROFILE

Rumah loft yang unik ini berlokasi di dekat Pantai Malvarrosa, Kota Valencia. Awalnya, rumah ini berada di lantai atas townhouse biasa yang dibatasi dinding bersama. Akses dari jalan harus melalui tangga yang sempit. Letaknya yang menjorok membutuhkan ruang-ruang penghubung yang mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara dari sebuah taman kecil.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal

Foto: © Germán Cabo

Di sisi lain, dapur dan toilet menyatu sebagai bagian fasad belakang, terhubung oleh teras yang sudah usang dan tidak terpakai lagi.  Dan juga, atap rumah adalah langit-langit plesteran yang menutupi  bentuk dan bubungan atap yang sebenarnya cukup lega.            

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 1

Foto: © Germán Cabo

Berdasarkan  kebutuhan dasar atas satu sebuah ruang dan sebuah teras, proyek ini dikategorikan sebagai “loft” dengan kamar mandi sebagai ruang tertutup satu-satunya. Maka, patokan berpikirnya menjadi: Semua pembatas ruang interior dihilangkan untuk menciptakan sebuah ruang unik dimana semua kegiatan berlangsung.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 2

Foto: © Germán Cabo

Artikel lainnya: Mengenal Tren Desain Interior Scandinavian

Maka dari itu, pekerjaan mendasarnya berpatokan pada membuang dan memilih apa yang akan dipertahankan.” Kami hanya menambahkan sebuah balkon tipis yang terlihat melayang di tengah ruang dan materialnya yang kontras dengan elemen konstruksinya semula.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 3

Elemen tertentu tetap dipertahankan dan ditonjolkan, atau bahkan diterjemahkan dengan fungsi lain sehingga bagian rumah yang lama dan baru bisa ‘berkomunikasi’ dengan baik. Dinding bagian muka dan belakang tetap mempertahankan keaslian dinding bata dan keseluruhan balok kayu pada atap dibersihkan serta diperbaiki.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 4

Foto: © Germán Cabo

Taman kecil dan sempit dijadikan skylight yang menerangi tengah rumah. Sebuah jendela tua tetap dipertahankan sebagai bagian dekoratif dan memberikan cahaya untuk ruang makan.   

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 5

Foto: © Germán Cabo

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 6

Foto: © Germán Cabo

Garis langit-langit yang lama ditonjolkan  melalui berbagai bahan: dengan sedikit perubahan volume, mempertahankan ketinggian asli dari plesteran pada tiang-tiang, dan  memperbaiki kedua balok penahannya. Kayu subkonstruksi yang diawetkan ini menjadi batasan ruang loteng tempat kamar tidur, juga dipergunakan sebagai bagian dari susuran tangga kaca.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 7

Foto: © Germán Cabo

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis

Daun jendela kayu kuno diperbaiki dan dicat putih agar memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruang. Sebuah lemari kayu kuno menjadi bagian utama yang multi fungsi sebagai: rak, lemari pakaian, pantry, dan gudang.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 8

Foto: © Germán Cabo

Dapur memanjang yang baru diletakkan  pada salah satu dinding, dirancang dengan warna abu-abu yang kontras dan lebih fokus pada dua kesan, yaitu modern dan bersih. Sangat berbeda dengan  tekstur, warna, dan bentuk kayu awetan lainnya. 

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 9

Foto: © Germán Cabo

Metode yang hampir sama juga diterapkan pada kamar mandi, yaitu menggunakan warna abu-abu polos  yang bertolak belakang dengan  tekstur dinding bata pada jendela tua yang sudah diperbaiki.

Renovasi Rumah Minimalis El Cabanal 10

Foto: © Germán Cabo

Artikel lainnya: Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

Projects
Profile
Idea
News