Pencahayaan Dramatis pada Desain Interior Apartemen

16 June 2016 - by Bluprin in PROJECTS N PROFILE

Bluprin.com - 360 Foto: http://bluprin.com/virtual-tour/sunter-icon-1605

Suasana terkesan nyaman sesaat memasuki apartemen yang berlokasi di Sunter ini. Pencahayaan lampu kekuningan yang membias dari celah di sepanjang sisi plafon memberi atmosfir hangat pada ruang-ruang interior. Itulah suasana yang ingin diciptakan oleh Steven Tanzil, desainer interior di Koerie Design, yang juga mendalami Lighting Design.

Desain Interior Minimalis  Desain Interior Minimalis1

Pencahayaan lampu menjadi bagian penting dari desain interior dan mendapatkan pertimbangan khusus disini. Pada apartemen yang berukuran 65 m² ini, terdapat 2 sistem pencahayaan yang digunakan, yaitu pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) dan pencahayaan setempat (spot lighting). Lazimnya, 2 sistem ini merupakan tambahan saja, namun disini menjadi pencahayaan utama yang justru menciptakan efek dramatis.

Desain Interior Minimalis2

 

Hal ini kita dapat dilihat dari desain lantai di ruang makan dan ruang keluarga. Pembagian pola lantai dibuat asimetris pada bentuk ruang yang lurus, serta perpaduan 2 material yang berbeda, yaitu kesan kayu dan semen. Begitu pula dengan pemilihan warna yang didominasi dengan warna-warna natural, namun terdapat pula warna dasar mencolok seperti kuning pada meja TV dan sofa biru. Tujuannya untuk memberi aksen pada interior ruangan.

Sebuah karya unik blurred photo dipasang di kamar tidur utama sebagai bagian dari elemen estetis yang menegaskan konsep desain interior di atas. Sedangkan di kamar mandi, penggunaan keramik bermotif bohemian memberi nuansa cerah di antara warna netral.

Desain Interior Minimalis3  Desain Interior Minimalis4

Beberapa pertimbangan desain dilakukan untuk memaksimalkan ukuran apartemen yang terbatas. Pemakaian sekat yang minimal serta cermin berwarna coklat di sepanjang dinding ruang makan membantu memberi efek lapang. Kursi makan pun didesain berupa puzzle yang dapat disimpan di panel dinding untuk menghemat ruang.

Desain Interior Minimalis5  Desain Interior Minimalis6

Kemudian, unit apartemen yang awalnya memiliki tiga kamar dirubah menjadi dua saja sehingga kamar tidur utama berukuran lebih besar. Perpaduan dari desain pencahayaan lampu yang memikat dan pemanfaatan ruang yang maksimal, memberi kenyamanan menyeluruh bagi penghuni apartemen. Lihat proyek disini: http://bluprin.com/project/sunter-icon-1605

Projects
Profile
Idea
News