id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > PROJECT > Ahouse Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

BY
fb icon
wa icon
email icon

Surabaya, “An Attention Grabbing Building”- Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

Ahouse

Foto: fasad rumah ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: siang dan malam ©pandyapraditya

Sebaliknya, secara kontras dari para tetangga, Ahouse didesain secara khusus agar menjadi “minimal” dan “modern”. Kotak-kotak disusun bertumpuk untuk menghasilkan komposisi massa yang dinamis. Desain bangunan yang "baru dan asing" ini diharapkan memberikan energi baru kepada lingkungan sekitar.

Ahouse

Foto: double height ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: ruang keluarga ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: pencahayaan alami ©pandyapraditya

Pemilik, sepasang suami istri muda, menginginkan sebuah rumah yang dapat mengakomodasi aktivitas komunal. Maka dari itu, area makan dan ruang keluarga pada lantai dasar didesain secara terbuka dengan langit-langit yang tinggi (double height). Hal ini dimaksudkan agar dapat menghadirkan suasana ruang yang nyaman untuk kegiatan komunal tersebut.

Ahouse

Foto: kamar tidur utama ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: ruang belajar ©pandyapraditya

Pencahayaan alami juga dimaksimalkan untuk menjaga suasana rumah tetap terang sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah?

Ahouse

Foto: koridor lantai dua ©pandyapraditya

Ahouse

Foto: area dapur ©pandyapraditya

Di lantai dua, letak kamar tidur utama bersebelahan dengan ruang belajar. Tujuannya agar orang tua dapat lebih mudah berinteraksi dengan sang buah hati. Ruang belajar ini memiliki jendela dengan view yang unik: desain disesuaikan untuk ketinggian anak atau orang dewasa yang sedang duduk.

Ahouse

Foto: area tangga ©pandyapraditya

Pada ujung dari setiap area tangga, penghuni rumah dapat melihat ‘sekilas’ view daripada ‘Roh Kudus Church’ yang berada tidak jauh dari lokasi rumah.

Ahouse

Foto: area balkon©pandyapraditya

Ahouse

Foto: area balkon ©pandyapraditya

Kamar tidur anak terletak di lantai tiga. Setiap kamar tidur memiliki balkon privat dengan view yang unik. Pada saat cuaca baik dan cerah, Gunung Arjuno Welirang dapat terlihat dari balkon rumah. Ruang doa terletak di antara dua kamar tidur. Kemudian, terdapat juga area keluarga untuk melakukan aktivitas barbeque dengan view area perumahan sekitar.

Ahouse

Foto: kamar mandi ©pandyapraditya

Sebagai tambahan, terdapat area-area di setiap lantai rumah yang dapat dieksplorasi. Hal ini dengan sengaja didesain agar penghuni rumah, terutama anak-anak, dapat dengan aktif berinteraksi dengan rumah itu sendiri.

Ahouse

Gambar potongan ©studiopapa

Artikel lainnya: Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Ahouse

Gambar denah ©studiopapa

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon