id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > TIPS & IDEAS > Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

BY
fb icon
wa icon
email icon

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, teknologi semakin berkembang, segala hal pun menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Bekerja, tak melulu harus di kantor dan menetap di satu tempat. Aktivitas rutin di kantor pun dapat dilakukan dan diselesaikan cukup dari rumah saja.

 Ruang Kerja

Foto: B+M House ©DP+HS Architects

 Ruang Kerja

Foto: Balcony Living ©Lumbung Architects

Selain memberikan banyak fleksibilitas, bekerja di rumah juga mempermudah Anda membagi waktu antara aktivitas yang satu dan lainnya. Namun, dibutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk mendukung aktivitas bekerja Anda di rumah. Berikut tipnya!

Sebaiknya Dipisah

Ruang kerja sebaiknya memang terpisah dengan ruangan lain, seperti ruang tidur dan ruang keluarga. Hal ini karena ruangan terpisah dapat membuat Anda lebih fokus bekerja. Ruang kerja yang gabung dengan ruangan lain akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Selain itu, hal ini juga dapat mengganggu anggota keluarga lain yang membutuhkan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk bekerja.

 Ruang Kerja

Foto: 11A Residence ©Sontani+Partners

Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Namun, Jika Anda tak memiliki ruang yang dapat Anda jadikan ruang kerja, Anda dapat menjadikan salah satu sudut di rumah Anda untuk dijadikan ruang kerja. Asal, keperluan internet, listrik, dan keperluan lainnya harus terpenuhi pada sudut tersebut.

Sesuaikan dengan Profesi

Dalam mendesain ruang kerja, sebaiknya sesuaikanlah dengan profesi Anda karena akan mempengaruhi ukuran meja kerja yang Anda butuhkan. Ukuran meja kerja seorang arsitek dengan orang yang bekerja sebagai konsultan pastilah berbeda. Arsitek membutuhkan meja kerja yang besar untuk keperluan menggambar. Sementara, konsultan tak perlu meja kerja yang besar asalkan tetap ada area untuk meletakkan komputer.

 Ruang Kerja

Foto: h-cdn

Kurangi Jumlah Peralatan Kerja

Sebenarnya, ruang kerja dapat tercipta walaupun hanya terdiri dari satu meja kerja dan satu kursi. Namun, Anda juga pasti membutuhkan peralatan, seperti komputer, telepon, atau peralatan yang mendukung kerja. Alat tulis kantor atau ATK juga merupakan peralatan yang wajib ada di meja kerja.

 Ruang Kerja

Foto: Geylang Showflat ©STUDIO PIU

 Ruang Kerja

Foto: Asia 15 Residence ©HIERARCHIE STUDIO

ATK sebaiknya tidak boleh jauh dari jangkauan Anda. Sediakan juga tempat dokumen penting yang jauh dari jangkauan anak. Jangan meletakkan benda-benda yang tidak penting di meja kerja sebab akan membuat meja berantakan.

Sirkulasi dan Pemandangan

Ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi. Jika diperlukan, pasang penyejuk udara (AC). Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Selain sirkulasi udara, Anda juga memerlukan sebuah pemandangan yang indah agar rileks dalam bekerja. Situasikan arah hadap kerja Anda ke arah jendela dengan pemandangan yang menarik. Namun, jika tak ada jendela,  ciptakan pemandangan tersebut dengan dekorasi kreasi Anda sendiri yang membuat ruangan kerja Anda tampak lebih menarik.

 Ruang Kerja

Foto: Tomang Residence ©PURELINE LIVING

Pentingnya Pencahayaan!

Berilah pencahayaan yang sesuai untuk kesehatan mata Anda. Usahakan jangan memilih lampu yang terlalu terang karena akan membuat mata Anda mudah lelah dan jangan pula memberi pencahayaan yang terlalu redup karena akan membuat mata mudah merasa ngantuk.

 Ruang Kerja

Foto: manthoor

Bila Anda menggunakan komputer dalam bekerja, sebaiknya gunakan lampu berwarna putih sebab lampu berwarna kuning membuat mata perih jika terlalu lama menghadap ke layar komputer.

 Ruang Kerja

Foto: V&L Apartment ©Tre Studio

Cermat Memilih Furnitur

Buatlah aktivitas bekerja Anda senyaman mungkin. Karena Anda akan menghabiskan waktu yang tak sebentar di ruang kerja maka gunakanlah furnitur yang membuat Anda nyaman. Gunakan kursi yang aman untuk tulang punggung. Biasanya, kursi-kursi yang dijual di supermarket bangunan sudah memenuhi standar kesehatan untuk tulang punggung.

 Ruang Kerja

Foto: Kiri’s House ©ATELIER RIRI

 Ruang Kerja

Foto: Greenville Apartment

Dengan mendesain ruang kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan, bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik karena Anda dapat bekerja dengan nyaman.

Artikel lainnya: Desain Elegan dan Natural untuk Ruang Keluarga

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon