id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > TIPS & IDEAS > Memilih Hunian Idaman Rumah atau Apartemen

Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

BY
fb icon
wa icon
email icon

Hunian Idaman seperti apa yang menjadi incaran Anda? Rumah selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia karena jumlah tanah yang terbilang relatif masih cukup. Perencanaan kota awal yang cenderung menyebar horizontal secara spontan juga mendorong terbentuknya kultur masyarakat yang terbiasa memiliki ‘tanah’ untuk rumah mereka. Namun dikarenakan keberadaan tanah dengan harga terjangkau semakin menjauh dari pusat kota, maka mulai bermunculanlah tren penyebaran vertikal, yaitu apartemen. Lokasinya yang lebih dekat dengan pusat kota memikat masyarakat untuk memilihnya sebagai rumah tinggal.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan memilih tinggal di rumah atau apartemen?

Hunian Idaman

Foto: porternovelli

Hunian Idaman

Foto: Kuningan_CityGraha_FamilyKebayoran Villas

Lokasi dan Harga

Rumah landed di pusat kota harganya cenderung tinggi dibandingkan dengan daerah baru yang sedang berkembang di pinggiran kota. Sementara, pilihan apartemen di dekat pusat kota dengan harga yang lebih terjangkau masih tersedia. Untuk Anda yang memiliki aktivitas harian/ pekerjaan yang menuntut mobilitas ke pusat kota, maka jarak, kemacetan, dan waktu tempuh adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan tinggal di lokasi yang tepat.

Hunian Idaman

Foto: citralandthegreenlake

Artikel lainnya: Mengenal Tren Desain Interior Rumah Scandinavian

Kenyamanan

Apabila Anda membutuhkan ruang gerak yang luas dan kebebasan dalam menentukan partisi ruangan, rumah landed adalah pilihan yang tepat. Namun, rumah landed yang besar tentunya akan lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan ruang apartemen yang ringkas. Di sisi lain, apartemen cenderung memiliki ruang gerak yang lebih terbatas dan harus mengikuti ketentuan dan peraturan dari pihak pengembang atau manajemen.

Hunian Idaman

Foto: WA_House - Dasadani

Investasi Properti

Baik rumah maupun apartemen memiliki nilai lebih masing-masing dari sisi investasi. Kenaikan harga rumah yang lebih stabil dan konstan menjadikannya investasi yang menjanjikan dimana tanah menjadi faktor penentu utama. Hal ini disebabkan oleh keberadaan tanah untuk lahan pemukiman yang semakin langka. Di sisi lain, Harga apartemen umumnya naik dengan cepat pada saat peluncuran properti tersebut dan cenderung melambat dalam jangka panjang dibandingkan dengan investasi rumah. Namun demikian, keuntungan memilih apartemen adalah harganya yang lebih terjangkau sebagai alternatif hunian di tengah kota dan kemudahan untuk menyewakannya jika diperlukan.

Hunian Idaman

Foto: Apartemen Sunter Icon – Koerie_Design

Fasilitas bagi Penghuni

Mayoritas apartemen menyediakan fasilitas antara lain seperti ruang serbaguna, kolam renang, pusat kebugaran, lapangan tenis, dan sebagainya. Keberadaan fasilitas-fasilitas ini memudahkan penghuninya untuk penyelenggaraan acara maupun berolahraga di area rumah tinggalnya. Berbeda dengan perumahan dimana hanya mereka dengan lahan luas dapat menikmati fasilitas yang sama di dalam rumah. Kini, beberapa perumahan baru mulai menyediakan fasilitas bersama tersebut sebagai nilai tambah kenyamanan bagi penghuni.

Hunian Idaman

Foto: now jakarta

Biaya Perawatan

Terdapat banyak biaya perawatan yang harus diurus untuk kepemilikan rumah, di antaranya: keamanan, kebersihan, pertamanan, ataupun acara RT/RW dimana masing-masing harus diketahui dan diurus secara terpisah satu per satu. Sementara, biaya perawatan di apartemen biasa diatur langsung oleh phak manajemen yang terkadang diakumulasikan 3-6 bulan sekali baru dibayar. Namun, biasanya total biaya perawatan apartemen cenderung lebih mahal dibandingkan dengan perumahan

Artikel lainnya: Desain Interior Ruang Keluarga Penggemar Pop Art

Faktor Keamanan

Rumah di dalam suatu komplek  umumnya memiliki satuan keamanan yang bertugas setiap hari. Namun, wilayah pengawasannya yang luas terkadang meluputkan beberapa tindak kejahatan yang tak terdeteksi. Perumahan yang terintegrasi dengan sistem ‘panic button’ menjadi nilai tambah tentunya karena dapat memanggil penjaga keamanan dengan cepat hanya dengan satu tombol saat diperlukan. Sementara itu, pengawasan keamanan apartemen dilakukan secara terpusat di tempat tamu masuk oleh satpam. Disertai dengan pengawasan CCTV 24 jam menjamin keamanan penghuninya dengan lebih terkendali.

Hunian Idaman

Foto: csivideo

Legalitas Properti

Salah satu keuntungan memiliki rumah adalah status kepemilikan tanah bersamaan dengan bangunan dimana harga tanah tentunya akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Sementara, status kepemilikan apartemen bergantung pada apa yang ditawarkan oleh pengembang apartemen tersebut. Hendaknya sebelum membeli apartemen, Anda dapat mencaritahu terlebih dahulu status tanah yang dimiliki pengembang.

Hunian Idaman

Foto: kreditgogo

Apapun pilihan Anda nantinya, ingatlah bahwa keberadaan tempat tinggal hanyalah wadah untuk hidup bersama dengan orang-orang yang disayangi karena rumah yang terindah adalah rumah yang dipenuhi dengan cinta. Selamat berburu hunian idaman Anda!

Artikel lainnya: Evonil Architecture – Desain Fungsional dan Bernilai Estetis

Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon