id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > PROJECT > Rumah Kubu Tropis Arsitektur sebagai Branding

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

BY
fb icon
wa icon
email icon

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, ‘Kubu Tropis’ memiliki arti ‘Tropical House’. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari ‘Kubu Tropis’ itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior 

Rumah Kubu Tropis

Foto: Teras Kamar

Arsitektur sebagai Branding

Dalam lingkup modern saat ini, Branding menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk tujuan marketing. Dalam proyek ‘Kubu Tropis’ ini, branding tidak hanya akan diaplikasi pada digital branding saja, namun juga tercerminkan pada desain arsitektural bangunan. Sesederhana menerjemahkan “Kubu” dan “Tropis” ke dalam desain.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Kubu Tropis

Foto: Lampu Gantung Industrial

Artikel lainnya: Ahouse - Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Kubu = Home

Desain sebuah bangunan memiliki tipologi masing-masing, apakah desain bangunan tersebut terlihat seperti sebuah rumah, pabrik, kantor, sekolah, ataupun mal. Kami percaya bahwa interpretasi dari sebuah rumah bisa dilihat dari masa bangunan secara keseluruhan. Bentuk dari atap pelana dan jendela-jendela menjadi basis dasar dari bentuk sebuah rumah. Bentuk-bentuk ini sudah tertanam di dalam pikiran kita karena ini merupakan bentuk rumah yang kita gambar saat kita masih di usia kanak-kanak.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Tropis

Kata tropis memiliki arti yang bermacam-macam. Di Indonesia, tropis itu sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa daerah dan setiap tempat memiliki iklim yang berbeda. Desain ‘Kubu Tropis’ sendiri mengacu pada iklim lokasi bangunan itu berada, iklim tropis Bali. Penerapannya dapat dilihat pada teritis atap yang lebar untuk proteksi terhadap hujan, area teras yang semi-kering dan basah, bukaan jendela untuk pencahayaan alami, dan cross-ventilation untuk sirkulasi udara yang baik. Hal-hal tersebut menjadi kualitas dari desain ‘Kubu tropis’.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Balkon Kamar

Rumah Kubu Tropis

Foto: Pencahayaan Alami Kamar Mandi 

Tentunya, di sini bisa dilihat bahwa arsitektur juga dapat menjadi sebuah branding dimana logo dari ‘Kubu tropis’ itu sendiri didasarkan pada bentuk dasar dari desain arsitekturnya.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Taman Rumah

Project Infomation: KUBU TROPIS LODGE ACCOMODATION

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon