id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > TIPS & IDEAS > Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

BY
fb icon
wa icon
email icon

Pemilihan wallpaper, sticker,  atau cat tembok sebagai pelapis dinding rumah mungkin sudah biasa. Tapi ternyata, dengan bermodalkan kapur tulis, Anda bisa mengubah tampilan dinding yang polos jadi lebih berkesan, lho!

Hiasan Dinding Ruang Tamu

Foto: jericholawphotography

Tentunya, Anda tak bisa sembarang mencoret-coret dinding dengan menggunakan kapur tulis. Setelah memilih dinding mana yang ingin dijadikan sarana untuk Anda dan keluarga berkreasi, Anda harus mengecat dinding tersebut menjadi ‘papan tulis’ dengan cat hitam khusus atau biasa disebut dengan chalkboard paint. Dikatakan ‘papan tulis’ sebab permukaan dinding dilapisi cat matte berwarna hitam yang memungkinkan Anda untuk menggambar dinding menggunakan kapur tulis.

Hiasan Dinding Ruang Tamu 1

Foto: noerdin

Hiasan Dinding Ruang Tamu 2

Foto: freshome

Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir si kecil akan mencoret-coret dinding karena memang dinding harus dihias dengan cara dicoret-coret agar tampak lebih hidup! Chalkboard paint membuat Anda atau anggota keluarga lainnya menjadi lebih kreatif, gambar atau tulisannya pun dapat diubah sesuai dengan selera ataupun mood Anda. Terdengar menyenangkan, bukan?

Hiasan Dinding Ruang Tamu 3

Foto: trendir

Hiasan Dinding Ruang Tamu 4

Foto: Rumah Torrina ©Tite Home

Menjadi Tren Tersendiri

Seni menghias si dinding hitam ini memang tengah menjadi tren yang banyak diikuti oleh desainer interior toko, kafe, atau rumah. Meskipun cara ini memang tergolong baru dalam desain rumah, namun terbukti dapat menambah nilai keindahan interior rumah.

Hiasan Dinding Ruang Tamu 5

Foto: jericholawphotography

Selain karena pengaplikasiannya yang mudah, juga karena papan tulis sendiri  dapat diberi gambar atau tulisan sesuai keinginan Anda.  Apabila bosan, Anda bisa menghapus dan mengganti tulisan atau gambar di dinding papan tulis tersebut. Dinding papan tulis ini juga cocok digunakan jika Anda memiliki balita di rumah, sebab permukaan dinding menjadi media yang tepat untuk berkreasi.

Hiasan Dinding Ruang Tamu 7

Foto: lessthanperfectlifeofbliss

Cara Aplikasi Dinding Chalkboard

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat sendiri dinding papan tulis di rumah, caranya sangat mudah dan sederhana. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Tentukan bidang dinding yang hendak dicat. Biasanya chalkboard diaplikasikan pada bidang dinding yang sering dilewati, seperti di area tangga atau dinding  pada dapur.
  2. Pastikan bidang dinding yang Anda pilih dalam keadaan bersih, bebas debu, dan juga rata permukaan untuk memaksimalkan hasil pengecatan.
  3. Mulailah mengecat dari bagian tengah. Gunakan cat dengan jumlah yang banyak pada kuas Anda, tapi jangan langsung menempelkannya pada dinding. Tunggu cat tersebut berhenti menetes untuk menjaga permukaan tetap halus.
  4. Aplikasikan cat secara merata di seluruh permukaan dinding menggunakan kuas atau roller. Untuk hasil yang maksimal, ulangi pengecatan hingga 2 kali lapisan.
  5. Setelah cat telah diterapkan pada dinding, Anda harus menunggu tiga hari sebelum Anda menggunakannya. Hal ini penting, karena bagian dalam cat perlu waktu mengeras sebelum digunakan untuk menulis di atasnya.
  6. Setelah kering, berkreasilah pada dinding dengan menggambar, menuliskan kata-kata inspiratif atau mencatat resep favorit keluarga.

Hiasan Dinding Ruang Tamu 8

Foto: goody25

Anda dapat juga berkonsultasi dengan Arsitek atau Desainer Interior Anda untuk aplikasi dinding papan tulis ini agar sesuai dengan tema keseluruhan ruangan Anda. Selamat mencoba!

Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon