Raul Renanda Design

Jakarta, Indonesia

BMJ Interior

Bukit Muria Jaya (BMJ) adalah sebuah pabrik kertas yang berlokasi di Karawang memiliki sebuah kantor dilokasi pabrik yang perlu direnovasi dalam rangka memberi nafas segar dilingkungan pabrik serta menampilkan logo dan tagline mereka yang baru "Eureka Everyday!" Interior dari lobi kantor BMJ ini diperluas dari kondisi eksisting namun memiliki fungsi yang lebih dari sebelumnya, dimana tidak hanya berfungsi sebagai tempat menerima tamu tetapi meeting kecil dan coffee area juga disediakan.

Bahan dinding terbuat dari paper core (selongsong kertas gulung bagian dalam yang biasa kita temukan didalam toilet tissue) yang merupakan barang buangan pabrik yang berlimpah, bahan ini kami buat menjadi penutup dinding. Meja 'counter' terbuat dari bahan plywood dengan duco putih dengan desain yang mengambil inpirasi origami untuk menjaga konsep 'kertas' dan sesuai dengan ide bagian eksterior dari proyek ini.

Karawang   |   6 Photos

Rumah Bidang

Rumah ini mengambil gaya retro modern yang saya anggap adalah gaya desain yang dapat memberikan keunikan desain modern tetapi masih terasa kesan hangatnya. Rumah ini dibangun diatas tanah yang cukup luas tetapi hanya 600 meter yang dapat digunakan, sisanya untuk pengembangan selanjutnya (yang pada saat ini digunakan untuk kolam renang dan paviliun). Rumah ini memiliki 4 kamar, satu dibawah dan tiga lantai atas. 

Interior lantai bawah menggunakan gaya open layout dimana ruang besar dibagi  menjadi beberapa zona, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur dan ruang wine. Pintu masuk melewati 'gallery' yang memberikan kesan luas sebelum memasuki ruangan dalam.Paviliun yang menghadap ke kolam renang mengambil desain yang merupakan 'homage' kepada desain rumah 'glass house' karya arsitek Phillip Johnson, dengan beberapa perubahan. Hampir semua elemen eksterior dan interior rumah ini didesain custom oleh Raul Renanda termasuk desain lampu besar yang ada di ruang keluarga.

Kebon Jeruk   |   10 Photos